Label: , , , ,



Abu hurairah ra. berkata, "Rasulullah saw. berkhotbah di hadapan kami. Beliau bersabda, "Wahai sekalian manusia, sesungguhny Allah telah mewajibkan haji kepada kalian, karena itu, berhajilah." seorang laki-laki bertanya,"Apakah setiap tahun, wahai Rasulullah?", Beliau diam, hingga laki-laki itu mengulangi pertanyannya sampai tiga kali. Lalu Rasulullah saw. bersabda, "Apabila aku mengatakan ya, maka berarti wajib, dan kalian tidak akan mampu." Kemudian beliau bersabda, "Jangan kalian tanyakan apa yang aku diamkan. Sesungguhnya, orang-orang (umat) sebelum kalian binasa karena banyak pertanyaan ( yang merka ajukan) dan perselisihan merka dengan Nabi mereka. Karena itu apa yang aku perintahkan, kerjakanlah semampu kalian, dan jika aku melarang kalian dari sesuatu, tinggalkanlah." (h.r. Muslim)

Hikmah :
  1. Islam berpijak pada asas memudahkan dan tidak membebani. Karena itu, syariat islam tidak ada yang berada di luar kemampuan manusia.
  2. Kita tidak perlu menanyakan hal-hal yang tidak berguna atau yang akhirnya memberatkan kita sendiri. Allah berfirman,"Janganlah kalian menanyakan sesuatu yang jika diketahui (jawabannya) memberatkan kalian sendiri."
  3. Perintah-perintah agama dikerjakan semampunya, sedangan larangan-larangan agama harus dijauhi tanpa syarat, karena menjauhi kerusakan lebih diutamakan daripada mendatangkan kebaikan.
  4. Haji diwajibkan kepada orang yang mampu melakukannya sekali seumur hidup.

Jika Sahabat Menyukai Artikel ini, Silahkan Bagikan ke Teman Anda!



Comments (0)