Label: , , , , ,

" dipersilakan anda berdoa sebanyak-banyaknya.. karena doa orang yang berpuasa akan dikabulkan.. "

" pssst.. eh... doa apalagi nih??? saya dah keabisan doa... "




Beberapa hari yang lalu, sebelum Ramadhan tiba.. Na diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk datang ke pengajian Mamah (nemenin maksudnya). Selain bersilaturahmi, pengajian ini juga diadakan untuk menyambut bulan Ramadhan. Kata Pak Ustadz,

" Bulan yang mulia mau datang.. sebaiknya kita menyambutnya dengan penuh ilmu jika tak ingin ditinggalkan dengan kekosongan yang belaka "

Yap, dalam pengajian kali itu Pak Ustadz menyampaikan tentang beberapa ilmu yang sebaiknya kita miliki sebagai bekal persiapan di bulan Ramadhan. Salah satu diantaranya adalah tentang doa..

(oh iya, berhubung sekarang sudah masuk bulan Ramadhan.. mungkin agak2 sedikit 'basi', tapi ga papa lah ya.. saling mengingatkan itu boleh kan? hehe )


Pak Ustadz bilang,

" Saat Ramadhan adalah saat dimana doa-doa itu dikabulkan oleh Allah SWT... dan waktu-waktu mustajab saat Ramadhan adalah ketika akan berbuka.. "


Sedikit mengutip hadits yang ada di buku fadhilah amal bab fadhilah Ramadhan..

Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah SAW. bersabda, "Tiga orang yang doa mereka tidak akan ditolak: orang yang berpuasa ketika akan berbuka, pemimpin yang adil dan doa orang yang dizhalimi. Allah mengangkat doa itu di atas awan dan dibukakan baginya pintu-pintu langit, dan Allah berfirman, " Demi kemuliaan-Ku, Aku akan menolongmu walaupun pada suatu saat nanti. " " (H.R Ahmad)


Mungkin sebagian besar teman2 sudah kenal dengan hadits ini, tapi jujur.. saya baru tau loh (duh..malu..)

Maksudnya, Na baru tau kalau salah satu waktu yang mustajab dikabulkannya doa adalah ketika akan berbuka. Secara gitu, waktu mau berbuka kan perhatian penuh sama makanan2 yang dah disajikan.. mana kepikiran sama doa? paling2 doanya pas berbuka.. pas mau nyruput minuman..

" Allahumma laka sumtu... Allahumma bariklana... "


Abis tu langsung HAP HAP HAP deh.. ah... malunya...



Selain itu, Na juga baru tau kalau yang namanya doa orang yang berpuasa itu akan dikabulkan..

Kalo gitu.. banyak2in doa dong sekarang ????

Pak Ustadz sedikit menyeletuk dan menyindir jemaah yang hadir (termasuk dia sendiri), yang kalau di-translate ke bahasa mudahnya...

" Kadang suka lucu dengan manusia.. sudah diberi kemudahan oleh Allah dengan dikabulkannya doa-doa..tapi saat disuruh berdoa.. pada kebingungan mau doa apalagi.. bahkan ada yang 'kehabisan' doa... "


Pikir-dipikir.. iya juga..
Kadang kalau lagi tarawih, trus waktu saat lagi berdoa.. trus selesai duluan.. trus liat kanan-kiri masih pada doa.. jadi mikir...

" waw... mereka masih berdoa? saya kurang doa apalagi ya????? "


Jadi ingat, dulu ada yang pernah berkata pada Na..

" Dari dulu saya doa untuk ini.. tapi sampai sekarang doa itu ga kunjung terwujud.. jadinya rada males kalo mau doa itu lagi... "


Memang ada sebagian orang yang berdoa memohon sesuatu, tetapi tidak terwujud. Namun jangan sampai dipahami bahwa doanya ditolak, bahkan pahamilah masalah diterimanya doa ini..

Rasulullah SAW bersabda, jika seorang muslim berdoa kepada Allah SWT dengan syarat tidak untuk memutuskan silaturahmi atau untuk suatu dosa, pasti ia akan menerima salah satu dari ketiga hal berikut ini:

(a) ia akan langsung memperoleh sesuai permintaannya, apabila ini tidak didapatkan..
(b) ia akan diselamatkan dari musibah sebagai ganti dari permintaannya, atau..
(c) pahala doanya disimpan untuk diberikan di akhirat nanti

Hadits lain menyebutkan,

" Pada hari Kiamat, Allah akan memanggil hamba-Nya dan berfirman,

" Wahai hamba-Ku, Aku telah menyuruhmu agar berdoa kepada-Ku dan Aku berjanji akan mengabulkannya, lalu apakah kamu telah memohon kepada-Ku? "

Jawab hamba itu, " Ya, aku telah berdoa. "

Sahut Allah SWT., " Tiada satu pun doa yang kamu mohonkan melainkan Aku terima. Kamu berdoa agar dihindarkan dari bencana, maka Aku menunaikannya di dunia. Dan kamu berdoa agar dijauhkan dari kesedihan, tetapi kamu tidak merasakan hasil doamu. Sebagai gantinya, Aku tetapkan bagimu balasan dan pahalanya di akhirat. "

Rasulullah SAW. bersabda bahwa orang itu akan diingatkan lagi tentang doa-doanya dan akan diperlihatkan doa-doa yang telah dikabulkan di dunia atau pahala yang telah disimpan di akhirat. Dan ketika ia mengetahui demikian banyak pahalanya, maka ia berangan-angan agar tidak ada satu pun doanya yang dikabulkan di dunia, sehingga ia dapat menerima pahala seluruhnya di akhirat..


(anda merasa berat dengan bahasa di atas? mudahnya mungkin begini... )


Sebenarnya yang namanya doa itu sesuatu yang amat penting dan mengabaikan doa itu sama aja membuat kita jadi orang yang merugi. Meskipun 'keliatannya' ga ada tanda-tanda doa kita diterima, tapi tetep kita ga boleh putus asa..

Dont worry be happy, teman..

Allah SWT sangat mempertimbangkan kebaikan bagi hamba-Nya. Kalau dalam doa yang kita minta itu ada kebaikannya, maka Allah SWT akan mengabulkannya. Jika tidak, Allah SWT tidak akan mengabulkannya. Nah, doa yang ga dikabulkan ini sebenarnya adalah karunia dari Allah SWT buat kita, karena kita ternyata sering minta sesuatu yang ga sesuai dengan keadaan kita disebabkan ketidakpahaman kita

Oh iya, satu hal penting lagi (menurut Na)

Ternyata oh ternyata.. ada syarat2nya loh agar doa kita diterima oleh Allah SWT dan salah satu diantaranya adalah makanan yang haram..

Ramadhan kaya gini, biasanya jadi ngga memikirkan halal-haramnya makanan saat berbuka puasa (terlebih lagi kalau buka puasa diluar..di restoran..di mall). Ada baiknya kita cukup risau dengan perkara halal-haramnya makanan.. kan supaya doanya ngga tertolak.. hehe..

Mungkin,

Mumpung saat ini kita masih diberi izin untuk berdoa (apalagi lagi di bulan Ramadhan), puas-puasinlah berdoa.. banyak2in berdoa.. berdoa untuk siapa? ya untuk siapa aja.. untuk saya, untuk kamu, untuk dia, untuk kita, dan untuk seluruh ummatnya Nabi SAW


Rasulullah SAW aja saat Ramadhan berdoa dengan lebih giat lagi serta tawadhu' kepada Allah SWT.. masa kita ngga ?? :D






Jadi,

sudahkah anda berdoa sebanyak-banyaknya pada hari ini ?


Jika Sahabat Menyukai Artikel ini, Silahkan Bagikan ke Teman Anda!



Comments (2)

aku pernah baca di buku na...seingatku...

sewaktu malaikat Jibril menyampaikan do'a seorang hamba-Nya sama Allah, Allah menunda di-mustajab-nya do'a si hamba tersebut..

Sang malaikat Jibril pun bertanya "knapa ya Allah?"

dan Allah sez.. bahwa Dia mencintai suara (do'a)hamba-Nya yang meminta dan merintih kepada-Nya.
Tetapi.. Apakah sang hamba-Nya masih akan tetap berdo'a apabila do'anya sudah di mustajab (kabulkan) sama Allah..??

Allah Maha Mengetahui, maka itulah Allah lebih memilih untuk menunda mengabulkan do'a si hamba tersebut..

Jadi..di saat sedih ataupun senang, di saat butuh atau tidak butuh.. tetep berdo'a yahh?
karena Allah sangat menyukai suara hamba-Nya yang sedang berdo'a.. (note : do'a yang baik2, apalagi di bulan Ramadhan ini.. insya Allah..)

(aduh..maap yah klo ingetannya amburadul, hee..)

betul Ri, apa yang dirimu sampaikan diatas..

dan memang pada intinya,

sejauh mana kita yakin bahwa hanya kepada Allah SWT kita bisa 'menumpahkan' segala doa

sejauh mana kita yakin bahwa hanya Allah SWT yang bisa mengabulkan doa-doa kita

dan sejauh mana kita 'butuh' Allah SWT sebagai Yang Maha Kuasa

dikabulkan atau tidak, serahkan pada Allah SWT..

Jazakillah khairan katsira atas tambahannya ya Ri ^_____^

jadi... ada yg mau ikut nambahin ? :D