Label: , , , , ,


" kalau seandainya saat anda bekerja, lalu anda dapat telepon dari rumah bahwa salah satu keluarga anda ada yang mendapatkan kecelakaan dan terluka sangat parah..
apa yang anda lakukan ? "




Sabtu kemarin (1 Agustus'09), Na diberi kesempatan untuk ikut menjadi tim pengawas beberapa puluh anak SMU dan sederajat. Mereka di tes kemampuan psikologi dan interview demi menjadi seorang karyawan/karyawati di salah satu Rumah Sakit Jakarta yang cukup terkenal dengan ke-Islam-annya

Tes ini berlangsung cukup lama, yaitu dari pukul 08.00 am - 15.00 pm. Dari pukul 08.00 - 12.00 adalah waktu untuk psiko-test, lalu pukul 13.00 - 15.00 adalah waktu untuk interview

Selama mereka di interview, Na hanya ditugaskan untuk menjadi " mba2 pemanggil nomor ". Tak sedikit wajah yang saat kupanggil nomornya berubah menjadi pucat dan tegang. Ketika mau masuk ke dalam pintu ruang interview, tak sedikit pula yang bertanya padaku..

" Sekarang saya masuk ya Mba ?? ga salah panggil kan ?? "

Karna kebanyakan dari mereka adalah masih wajah-wajah lugu, Na hanya senyum-senyum aja dan mengiyakannya..

Hampir keseluruhan peserta yang mengikuti ujian tes ini, sesaat sebelum masuk pintu mereka mengucap basmalah dahulu. Bahkan ada yang berdoa dulu di depan pintu..

Selang beberapa menit kemudian, anak yang baru selesai di interview keluar dari ruangan. Rata-rata masih menunjukkan sisa ketegangan.. ntah apa yang ditanya-tanya pada mereka oleh para interviewer.. hanya saja, ada salah seorang anak yang sehabis di interview, ia langsung menceritakan apa yang terjadi di dalam sana...

" Tadi gw ditanyain, kalau seandainya kamu lagi bekerja dan lagi sibuk2nya. Tiba2 kamu dapat telpon dari keluarga kamu yang memberitahu bahwa ada salah seorang keluarga kamu mengalami kecelakaan yang sangat parah.. maka apa yang kamu lakukan.. ?? "

Anak yang berkisah itu pun juga menyampaikan pada temannya apa yang ia jawab pada si interviewernya...

" Tadi gw jawab bla...bla.. bla.. bla....... "



Saat mendengar pertanyaan tadi, tiba-tiba Na jadi membayangkan tentang keadaan kita ketika lagi diinterview di dalam kubur..

Yang menginterview bukanlah Bapak-bapak yang berpakaian rapih dengan kemeja mahal, celana hitam mengkilat dan penampilan klimis atau Ibu-Ibu yang berpakaian serapih mungkin...

Tapi yang menginterview kita saat di dalam kubur adalah malaikat Munkar dan Nakir. Seingat Na, malaikat Munkar dan Nakir adalah malaikat yang menakutkan.. seperti apa menakutkannya.. Na kurang tau... Wallahu a'lam.. yang lebih tau adalah orang2 yang sudah berjumpa dengan kedua malaikat itu..

Yang Na yakini hanya, saat di interview oleh kedua malaikat Allah.. kita ga bisa bermanis-manis mulut saat menjawabnya. Karena saat itu, mulut dikunci..


Loh, trus siapa yang menjawab kalau bukan mulut ? ? ?

Allah Swt berfirman dalam surah Yaasin ayat ke 65,

Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan


Bandingkan dengan interview saat di dunia. Saat ditanya, kita bisa bersilat lidah. Walau sebelumnya diminta untuk memberi jawaban yang sejujur-jujurnya.. tapi tetap saja.. lain di hati.. lain pula di mulut. Tapi jangan berharap saat di akhirat nanti, kita bisa main lain-lainan..

Ketika kita duduk interview untuk masuk kerja, biasanya yang ditanya adalah hal-hal yang terlihat sepele namun jawabannya jauh dari sepele. Ditanya A, kita bisa jawab dari A sampai Z bahkan muter-muter dulu..

Sedangkan ketika kita diinterview oleh malaikat Munkar dan Nakir, pertanyaannya adalah pertanyaan yang jauh dari luar biasa. Karena yang ditanya adalah siapa Tuhanmu ? siapa Nabimu? apa agamamu ? apa kitabmu ? (kalau Na ga salah ingat, ini adalah hadits.. tapi Na belum yakin siapa perawinya..hukumnya apa.. jadi kalau ada teman2 yang tau dan paham.. bolehlah berbagi dan benarkan Na kalau Na salah.. )



Kalau kita ga kenal Allah Swt, maka kita ga akan bisa menjawabnya..

Kalau kita ga kenal Nabi Saw, maka kita ga akan bisa menjawabnya..

Kalau kita ga kenal agama Islam, maka kita ga akan bisa menjawabnya..

Dan, kalau kita ga kenal Al-Qur'an.. maka kita ga akan bisa menjawabnya..




Ya Allah.. apa yang nanti akan Na jawab ya.. ?? apa Na sudah siap ???



Bagi Na yang masih bodoh dan lemah iman ini,

Menganggap orang-orang yang ahli ibadah.. hidupnya penuh akan agama.. benar-benar taat dan patuh akan perintah dan larangan Allah SWT.. dari ujung rambut sampai ujung kakinya hidup akan sunnah Nabi Saw.. pokoknya.. ma'nyus lah..

Adalah orang-orang yang sudah mempersiapkan bekal.. i mean.. mempersiapkan jawaban untuk nanti..

Mereka adalah orang-orang yang sudah siap untuk mati. Mereka adalah orang-orang yang paham bahwa hidup di dunia adalah untuk mempersiapkan diri menuju kematian. Dan mereka adalah orang-orang yang cinta pada akhirat karena yakin dengan janji-janji Allah untuk orang-orang yang beriman..


Intinya.. secara lagi dan lagi, Na ajak diri Na sendiri dan temen-temen.. Tak ada salahnya sekarang kita mulai bebenah mempersiapkan diri. Taubat sebelum terlambat, itu mungkin kata-kata yang tepat buat kita. Orang-orang yang sudah pandai agama aja, mereka tak mau berhenti untuk tetap melakukan amalan ibadah.. apalagi kita yang amalan ibadahnya masih acakadut.. ??

Jika kita mau berjibaku untuk diterima sebagai pegawai dalam suatu perusahaan.. Apakah kita tak mau juga berjibaku untuk diterima sebagai penghuni surga.. (Ya Allah.. semoga kami termasuk para penghuni surga-Mu... amiin ya Allah.. )




Jadi,

sudahkah anda siap untuk diinterview

oleh..

Malaikat Munkar dan Nakir ?

Jika Sahabat Menyukai Artikel ini, Silahkan Bagikan ke Teman Anda!



Comments (5)

Assalamu'alaikum.. Bila dipanggil nombor untuk interview ia bagaikan..Bila Izrael datang memanggil. Bila diinterview ia bagaikan ditanya munkar dan nakir. Marilah kita seram-seramkan diri kita dengan bayangan hidup di alam sana. Moga Allah masih memandang kita dengan penuh belas kasihan.

salam ina..
bikin serem dgn entri ini..
iya..mudah2an amal kita dapat menjawab soalan munkar nankir dan selamat menjawab pertanyaan nanti..dan mudah2an tempat kita di dalam syurga Allah ya..:D

@ ummie_chan: Moga Allah masih memandang kita dengan penuh belas kasihan.. amiin ya Allah..


@ karkunah mithali: iya kan akak.. seram jadinya jika ingat alam kubur nanti tu..

insya Allah, moga Allah beri kita tempat dalam syurga-Nya.. amiin ya Allah..

Subhanallah ....
Moga bila tiba saat kita nanti, Allah swt akan permudahkan segala urusan, Insya-Allah.

@ ummie: iya ummie.. moga Allah mempermudah segala urusan kita... amiin ya Allah..