Label: , , ,

aku ini ngga cantik..
tapi...
bukan berarti aku jelek ya



Siang tadi kusempatkan diri untuk menonton tayangan terfavorit di salah satu saluran televisi swasta. Seperti biasa, acara ini menayangkan kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan oleh anak-anak dari seluruh nusantara. Biasanya sih yang sering jadi bintang utamanya anak-anak dari daerah Jawa dan Kalimantan, eh.. kadang tempat lainnya juga sih. Namun kali ini amat berbeda karena yang menjadi bintang utamanya adalah anak-anak yang memiliki ciri khas berkulit hitam, berambut keriting, terbiasa bertelanjang dada..


Senang rasanya melihat kesibukan mereka sehari-hari. Bermain-main sambil mencari " kerapu ", habis itu dibakar dengan kayu-kayu ranting dan disantap bersama, setelah itu main di sungai mencari kerang (kerangnya guedhuee banget deh! mungkin ada 3x lebih besar dari ukuran yang biasa dilihat di restoran2 seafood), lalu memanjat pohon kelapa dan memakan sambil meneguk segarnya buah kelapa muda..

Aih, tak terasa air liurku mau menetes... (ngiler, abis kayanya nikmat sekali~)


Tunggu, bukan ini yang ingin kusampaikan kok! hehehe


Waktu pertama kali melihat penampilan anak-anak riang itu, jujur aku spontan berkata.. " subhanallah.. kulitmu hitam kelam sekali, De' ". Lalu aku juga memperhatikan bentuk fisik mereka. Rambut mereka keriting pendek, tubuh mereka bongsor, gigi mereka besar-besar (dan sangat kuat! bayangkan saja, mereka bisa mengupas kelapa dengan gigi-gigi mereka!!). Ditambah lagi dengan kebiasaan hidup mereka yang tanpa busana..

Mau gak mau aku jadi membandingkan dengan anak-anak yang usianya sepantaran mereka, yang tinggal di kota. Mungkin aku termasuk orang yang terdoktrin dengan pikiran yang salah, bahwa kalau ada orang yang berkulit hitam kelam itu pasti ga cantik atau ga ganteng.. atau bahasa kasarnya.. (maaf), jelek. Anak-anak kota yang paling kumel pun tapi kalau kulitnya sawo matang masih dibilang jauh lebih baik daripada mereka yang berkulit hitam..

Aku jadi membayangkan jika anak-anak itu main kesini dan berjalan bersama anak-anak kota, tentunya banyak mata yang memandang 'aneh' atau bergidik.. " ih, item amet!!! " atau banyak perkataan-perkataan lainnya yang bernada merendahkan..


Teringat dengan ucapan salah seorang teman baruku yang saat ini tinggal di luar Indonesia,

Ia mengatakan bahwa orang disana banyak sekali yang menginginkan kulit mereka agar menjadi hitam hingga kerjaan mereka hampir2 berjemur tiap harinya. Padahal itu sama sekali ga memberi pengaruh apa2 kecuali satu, kulit mereka jadi kemerah-merahan dan terlihat seperti terbakar. Temanku menambahkan, bahwa risiko tinggi yang mereka hadapi adalah satu, terkena kanker kulit. Pigmen kulit mereka rendah hingga menghasilkan warna kulit yang putih, sedangkan mereka tinggal di daerah yang terik mataharinya cukup menyengat dan hal ini lah yang membahayakan kulit mereka. Salah satu cara agar mereka terhindar dari kanker kulit ya dengan menghitamkan kulit mereka (berjemur)


Ga selamanya putih itu menarik dan ga selamanya hitam itu buruk ya..


Kalau ngomong masalah cantik atau jelek, rasanya agak jadi sentimen. Dibilang jelek ngamuk, dipanggil cantik ngga pantes juga. Jadi maumu apa Na?? (hayah.. jadi curcol begini..)


Masih terekam jelas percakapanku dulu dengan salah satu pasien di Rumah Sakit Jiwa. Pasien ini sangat 'madesu' saat dipanggil 'jelek' oleh teman2 sekitar rumahnya. Setiap bertemu Na, dia selalu menunduk walau kadang tersenyum sekilas. Ketika ada kesempatan untuk berbicara, dia mengatakan,

" Suster Ina, saya ini kan jelek.. kenapa suster mau temenan sama saya ? "

" Jelek darimana nya ? "

" Ya semuanya.. saya ini ga ganteng.. "

" Hoo.. tapi kamu punya 2 mata kan? coba pegang .. "

" iya.. punya.. "

Dan satu persatu anggota tubuh yang ada di kepala kutanyakan akan kelengkapannya dan kenormalannya. Hingga pada akhirnya,

" masih lengkap kan semuanya ? masih normal lagi. Lalu... apa yang jelek ?? "

Spontan pasien itu langsung tersenyum sumringah dan menjawab sambil menggaruk-garuk kepalanya..

" Oh iya ya.. kok saya bisa lupa ya.. "


Kejadian ini, tepatnya.. percakapan ini benar2 murni terlontar dari mulutku tanpa sadar. Setelah ngomong se-sakti itu, aku sendiri langsung megang2 pipi, mata, dan mulut dan sempat berdiam diri (saking kagetnya..ahahaha)


Seorang sahabat juga pernah menyampaikan hal penting padaku,

Sesungguhnya Allah telah menciptakan manusia dengan sebaik-baik rupa. Memang seringnya kita kasihan melihat orang2 yang cacat dan mungkin orang cacat itu sempat berpikir bahwa itu tidaklah adil, mengapa kecacatan menimpa dirinya sedangkan orang lain tidak. Namun itulah sebaik-baik rupa yang diberikan Allah kepadanya. Karena itulah kita harus senantiasa bersyukur dengan apa yang sudah Allah beri pada kita...


Mungkin terkesan mudah, tapi prakteknya agak sulit. Kenyataannya, aku sering sekali 'ngamuk' dan mengeluarkan jurus manyun ketika ada teman2ku yang melihat wajah adikku,

" Na.. adikmu... cantik banget.. "

" Na.. kok ga cantik kaya ade'nya sih ?? "

" Na.. kamu memang cantik, tapi jauh lebih cantikkan ade'mu dibandingkan dirimu.. "

" Na.. ini.. itu.. bla.. bla.. bla.. "


Wah, hanya orang2 terdekat yang pernah melihat betapa hebatnya manyunku saat perbandingan cantik dan jelek ini kembali mengudara. Butuh energi ekstra kuat untuk melawan godaan2 setan.. maaf, iman saya masih lemah TT____TT


Padahal ternyata, maksud Allah beri kita perbedaan kulit atau rupa itu semua untuk menunjukkan kebesaran Allah Swt. Allah juga sudah beri kita sebaik-baik rupa. Namun amat disayangkan, karena masih banyak yang tidak menyadari akan kebesaran Allah akan hal ini..


Ya Allah, Maafkanlah kami yang lemah ini..


Tenanglah kawan,
Allah tak pernah memandang hamba-Nya dari tingkat kecantikan atau kegantengannya. Allah juga tak pernah memandang hamba-Nya dari tingkat putih atau hitam kulitnya. Allah hanya pandang satu, yaitu hati manusia. Apakah hati hamba-Nya se-cantik atau se-ganteng rupanya? atau hati hamba-Nya se-putih atau se-hitam kulitnya? Yang mengetahuinya tentulah hanya Allah, karena Allah Maha Mengetahui






Jadi,
yang pasti aku cantik ya.....
bukan ganteng......
.........
(kabuur~)

Jika Sahabat Menyukai Artikel ini, Silahkan Bagikan ke Teman Anda!



Comment (1)

klo aku bilang, ina itu cantikk!