Label: , , , ,

kita pasti masuk neraka dulu kan? dicuci dulu semua dosa kita
lalu kalau Allah mau memberikan syafaat-Nya pada kita
barulah kita bisa masuk surga
ya kan??


Beberapa waktu yang lalu, ada seorang sahabat bertanya padaku. " Na, jika seandainya ada orang yang berkata ini (kata2 yg diatas), apa pendapatmu tentang ucapannya? "

Tentunya Na langsung diam seribu bahasa untuk memahami kata2 diatas dengan baik dan memikirkan jawabannya..


Seingatku, Allah itu Maha Pengampun dan mau menerima taubat dari hamba-Nya yang teramat memohon ampunan dan mengharapkan kasih sayang-Nya
Dan seingatku juga.. ketika di dunia, Allah juga telah menghapus dosa-dosa dari hamba-Nya melalui ujian2 yang dialami oleh hamba-Nya yang ikhlas
Tapi itu semua akan terjadi kalau-lah Allah berkehendak atas kita..
Jadi.. wallahu a'lam..


Seandainya memang ada orang yang berkata seperti itu padaku.. kan kujawab apa ya? tapi sepertinya pikiran pertama kali yang terlintas adalah..

" kayanya semuanya juga ga mau masuk neraka walaupun tau dosa mereka tak terhitung saking banyaknya.... "


Jadi ingat.. dulu karna khawatir rasa takut akan adzab Allah itu hanya 'sekelebet' aja, kupaksa diriku untuk membeli buku2 tentang dahsyatnya adzab Allah. Ada yang tentang hari kiamat.. ada yang tentang adzab kubur... tentang neraka...

Alhasil... tak lama setelah membaca buku2 itu, hampir setiap ingin memejamkan mata, aku ketakutan... takut mati...

Kenapa aku takut mati?

Sepertinya.. karena aku takut akan siksa-Nya Allah..


Pernahkah teman2 melihat ada orang yang nangis sesungukan bahkan sampai merah matanya karena menangis? pernah ditanya apa yang menyebabkan ia menangis??

Kalau tidak salah ingat, ada salah satu hadits yang mengkisahkan salah seorang sahabat Nabi Saw yang senantiasa menangis karena mengingat dosanya. Saking seringnya ia menangis, sampai memberikan 'jejak' pada wajahnya. Adalagi kisah sahabat Nabi Saw yang suka menangis. Ketika ia sedang menangis, istrinya mendapatinya sedang menangis lalu sang istri pun ikut menangis. Sang suami bertanya, " mengapa kau menangis? ", lalu istrinya menjawab, " karna aku melihat engkau menangis..jadi akupun ikut menangis.. ". Sang suami berkata, " aku menangis karena takut pada Allah.... "


Ntah pada Ramadhan tahun keberapa, aku juga pernah mengalami hal yang sama. Ikut menangis karena orang lain menangis. Saat itu sedang tarawih dan Sang Imam membacakan surah Ar-Rahmaan. Belum sampai dipertengahan surah, suara Sang Imam sudah mulai bergetar dan mulai tersendat-sendat. Hal ini membuat beberapa jamaah ikut sesungukan

Aku yang masih ga ngerti, jadi ga khusyu' sholatnya. " Ini orang lagi kenapa sih.. ko malah nangis? ". Namun kian lama.. suara Sang Imam semakin terdengar amat pilu dan amat menyedihkan.. dan.. yap, aku si bocah ingusan yang benar2 ga mengerti keadaan.. jadi ikut2an nangis..

Selesai sholat, aku ga berani tanya kanan-kiriku, " kok tadi Imamnya nangis? ada apa? "

Dan pertanyaan itu baru terjawab setelah beberapa tahun terlewati......


Mungkin sudah banyak yg mengetahui, bahwa air mata yang keluar karna rasa takut kepada Allah, mampu membuat kita terlindungi dari siksa api neraka. Bahkan kalau aku tidak salah ingat, ada salah satu hadits yg menyebutkan bahwa anggota tubuh yang terkena air mata karena takut pada Allah, haram tersentuh api neraka..

Subhanallah.. padahal itu cuma air mata ya.. tapi air mata karena takut pada Allah..

Sahabatku mengatakan,
Adanya rasa takut pada Allah itu penting agar tak menimbulkan rasa sombong dalam diri kita. Kita sadar telah banyak berbuat dosa hingga akhirnya timbul rasa takut kalau Allah tidak memberikan ampunan-Nya pada kita. Kita juga tahu kalau adzab Allah itu teramat pedih.. karena itulah bisa timbul rasa takut pada Allah..
Tapi, walaupun kita takut... kita harus tetap berharap akan ampunan dari Allah..


Ya, Na akui.. rasanya kalau lagi mengingat semua dosa (yg teringat) suka timbul satu pertanyaan besar, " apakah Allah mau memaafkan semua kesalahanku ? "
Dengan amalan yang sampai sekarang terseok-seok.. malu jadinya kalau melihat orang-orang yang benar2 bertaubat dengan taubat sesungguhnya..
Mereka sampai 'habis2an' dalam beribadah karena begitu ingin mendapat ampunan dari Allah. Padahal kalau ditanya, " emang dosa terbesar apa yg pernah dilakukan? ", jawaban mereka belum tentu lebih parah dari jawabanku...

Walaupun takut, ternyata Allah masih meminta agar kita terus berharap. Karena Allah bertindak sesuai dengan prasangka hamba-Nya kepada-Nya

Na percaya.. sebejat apapun seorang manusia.. pasti dia pernah merasakan takut sama Allah karna tau apa yang dilakukannya itu adalah sebuah dosa.. dan na juga percaya, sehebat apapun seorang manusia berkuasa.. pasti dia pernah merasakan butuh bantuan dari Allah..


Semoga Allah senantiasa memaafkan segala kesalahan kita.. amiin ya Allah..





Jadi,
apakah ada yang mau menangis sesungukan karena merasa takut pada Allah?




Jika Sahabat Menyukai Artikel ini, Silahkan Bagikan ke Teman Anda!



Comments (3)

nyehehe.. aku belum bisa ituuu!! nangis sesengukan karna takut sama Allah... ajarin naa :B

ehm...pelajaran yg luar biasa ukhti...

syukron^_^

@ mari: waaagh... gimana ngajarinnya ya? ini juga kayanya karna efek saya anak cengeng ri ^^;;; semoga Allah makin melembutkan hatimu ya Ri.. amiin ya Allah..

@ anum: ehm... alhamdulillah..semoga dapat diamalkan dan disampaikan keorang lain jg yaa..

wa iyyakum ^____^