Label: , , , , ,

Hari Senin kemarin, Mamah memintaku untuk menemani beliau ke acara silaturahmi antar sesama alumni jemaah haji / umroh dari T-tora (maaf, sensor..khawatir dikira sekalian promosi..) Seharusnya sih Abangku yang nemenin beliau karena yang diundang adalah Mamah dan Abang, namun karena di hari-H nya si Abang tiba2 flu.. atas kehendak Allah, Na lah yang menggantikannya..

Kukira acara silaturahmi nya hanya bertemu sapa dan makan2, ternyata tidak. Ada seorang ustadz yang sengaja diundang untuk memberikan ceramah.

" Alhamdulillah.. asiik.. sambil nyelem minum air nih.. " pikirku

Seperti biasa kalau ada ceramah2 ditempat yang lain. Semua peserta duduk membentuk lingkaran. Yang bapak2 disebelah kiri dan Ibu2 disebelah kanan (oh iya.. semua peserta disana rata2 usianya di atas 50 tahun). Sebuah proyektor sudah dipersiapkan dan layar pun juga sudah dibentang...

Acara dimulai dengan membaca doa, sambutan ini-itu.. dan.. pak ustadz bersiap2.. lalu mempertontonkan judul ceramahnya beliau..

" BISA JADI HARI KIAMAT SUDAH DEKAT "


' glek '

'...'

'......'

'..............'

' disodorin tentang hari kiamat.......... ' kataku dalam hati sambil melirik kiri kanan, ternyata yang bermuka kaget ga hanya na aja.. semuanya juga begitu..


" Mungkin Bapak2 atau Ibu2 bertanya dalam hati.. kenapa hari gini ceramahnya tentang kiamat bukan tentang pemilu? "

Spontan seluruh jemaah tersenyum simpul. Tak lama kemudian pun, pak Ustadz menyampaikan maksud dan tujuan, mengapa harus tentang hari kiamat yang disampaikan.. bukan yang lain..


Pak Ustadz berkata,


Hari ini, tidak sedikit dari kita yang tidak memiliki pengetahuan tentang Hari Kiamat. Jangankan pengetahuan tentang Hari tersebut, bahkan yang mengerikan.. ada yang mendustakan adanya Hari Kiamat. Mereka tak mengatakan bahwa Hari Kiamat itu ngga ada. Mereka mengetahui kalau Hari Kiamat itu pasti ada, tapi yang mendustakannya bukanlah mulut mereka melainkan perilaku mereka,

Lalu, Pak Ustadz memberikan satu pertanyaan yang cukup menohok bagiku


" Apakah kita masih bisa bersantai2 ria hari ini padahal kita tau kalau Hari Kiamat itu sedang mendekat ke kita? sudahkah kita punya bekal menghadapi dahsyatnya Hari Kiamat? "


Pak Ustadz melanjutkan,

Pak/Bu, hari ini selain orang Islam.. mereka sudah memiliki persiapan loh untuk menghadapi Hari Kiamat. Mereka juga mengetahui bahwa dunia ini akan hancur. Bahkan mereka juga mempelajari tanda-tanda Hari Kiamat. Tidakkah kita malu?


Na ga' tau bagaimana jawaban temen2.. tapi yg pasti, Na malu waktu mengetahui mereka yg bukan Islam justru lebih paham tentang Hari Kiamat daripada kita sendiri sebagai umat Islam.

Pak Ustadz menyampaikan lagi,

Sampaikanlah pada orang2 sekitar kita untuk menghadapi Hari Kiamat. Setidaknya, kita punya pengetahuan tentang tanda-tanda Hari Kiamat. Tentunya ada maksud dibalik itu, karna dengan mengetahui tanda-tanda Hari Kiamat.. mau gak mau kita jadi ada tindakan, " sepertinya saya harus memperbaiki diri karna sebentar lagi mau kiamat... "

Seperti yg sudah kita pahami bahwa Rasulullah Saw adalah nabi akhir zaman. Tak ada lagi Nabi yang muncul setelah beliau. Umat yang lahir di zaman beliau hingga kini adalah termasuk umatnya beliau, umatnya Nabi Muhammad Saw. Jika beliau disebut sebagai nabi akhir zaman, pertanda kita sendiri termasuk manusia akhir zaman. Tak ada lagi manusia yang diciptakan Allah sesudah kita karna kita ini adalah umat akhir zaman. Memang pastinya kita menolaknya karna masih ada keinginan untuk hidup lebih lama di dunia.. tapi.. inilah ketetapan Allah..

Sejenak Pak Ustadz melemparkan sebuah pernyataan lucu,

" Mungkin Bapak2/Ibu2 sekarang berkata dalam hati... kenapa baru dikasih taunya sekarang pak ustadz? saat usia saya sudah lebih dari 50... "

Lagi2 seluruh jemaah hanya tersenyum simpul

' pernyataan yang cukup dalam...' pikirku

Setelah itu Pak Ustadz melanjutkan tentang apa saja tanda-tanda Hari Kiamat itu. Dari tanda2 kecil, tanda2 besar, siapa itu Imam Mahdi, apakah itu Dajjal dan sebagainya. Setelah ceramah berakhir, tidak sedikit raut wajah para jemaah disitu yang berubah.. sepertinya mereka merasa..

" bukan saatnya pensiun sekarang.. "


Aku tak menjabarkannya disini karna banyak...terlalu banyak tanda-tanda nya jika harus disampaikan satu per satu. Na sangat anjurkan teman2 untuk mencari tahu tentang tanda-tanda Hari Kiamat, baik itu dari Al-Qur'an, buku2 atau dari artikel di internet. Banyak kok.. malah banyak banget ^^


Oh iya, mungkin ada satu yang ingin kubagi untuk siapa pun yg membaca. Berkaitan tentang tanda-tanda Hari Kiamat, akan muncul makhluk yang bernama Dajjal. Ia adalah makhluk yang diciptakan Allah dimana ia sendiri adalah sebuah fitnah. Untuk melindungi diri kita dari fitnah Dajjal, Rasulullah Saw telah mengajarkan kita untuk berdoa memohon perlindungan kepada Allah dari empat hal, di tasyahud akhir,

" Allahumma inni a'uudzubika min 'adzaabi jahannam, wa min 'adzaabil qabri, wa min fitnatil mahyaa wa mamaati, wa min fitnatil masiihiddajjaal "

[ Ya Allah, aku berlindung dari adzab jahanam, dan adzab kubur, dan fitnah hidup dan juga mati, dan fitnah dari Dajjal al-masih ]

Jadi selesai bacaan tasyahud akhir, ketika..

" ... fil 'aalamiina innaka hamiidummajiid.. " jangan langsung salam kanan-kiri dulu, tapi tambahkan doa yang diatas ya ^^


Yah... begitulah teman... kalau kata orang betawi, " aji mumpung masih idup di dunia, buruan tobat.. keburu kiamat!!"


Dan kalau kata Na,


Jadi..

masih merasa pengen seneng2 dulu sebelum kiamat dateng?





Jika Sahabat Menyukai Artikel ini, Silahkan Bagikan ke Teman Anda!



Comments (2)

wahh.. aku salah inget sama doa nya yg na kasih waktu itu, do'a nya pake bahasa endonesia.. udah bahasa endonesia, salah pula.. *doh*

jazakillah khairan katsira inaa udah di tulis do'a nya (mau tanya via ym kayake lupa mulu deh)

jadi..? yug marii kita baca al-qur'an..

wa iyyakum khairan katsira, Riii~

Alhamdulillah, sekarang jadi dah tau kan ya, tinggal dipraktekin nih ^^

waktu na baru dikasih tau jg salah terus, jadi akhirnya na catet di hape aja biar gampang ingetnya :D

yug..bareng2 kita baca al-Qur'an ^^