Label: , , , ,


Bismika allahumma ahya wa bismika amuut

Alhamdulillahilladzii ahyaa na ba'da ma amaa tana wa ilaihinnusyuur


Lagi2 aku menyepelekan hal yang 'biasa' padahal memiliki makna 'luar biasa' di dalamnya. Tentunya ada hubungannya dengan doa di atas (ingatkah dengan kedua doa ini?). Mungkin terlihat sepele, bahkan ada yang benar2 melupakannya.. tetapi, ternyata Allah menghendaki agar aku 'melek' lagi dengan kedua doa di atas. Dan inilah yang membuatku ingin membaginya bersama2 dengan kalian.. semoga bermanfaat, insya Allah

Saat Ramadhan lalu, aku sempat dikejutkan dengan beberapa surat dalam Al-Qur'an mengenai kejadian saat kita ditidurkan oleh Allah. Bagaimana ngga terkejut, kukira saat kita tidur itu.. ya kita 'blek' tidur gitu aja.. nothings happen.. tapi ternyata... Allah melakukan sesuatu terhadap kita saat kita tidak terjaga itu.

Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan[*]. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda- tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir.

Maksudnya: orang-orang yang mati itu rohnya ditahan Allah sehingga tidak dapat kembali kepada tubuhnya; dan orang-orang yang tidak mati hanya tidur saja, rohnya dilepaskan sehingga dapat kembali kepadanya lagi.

Subhanallah, saat membaca ayat ini spontan Na langsung merinding. Abis.. ga pernah menyangka bahwa saat aku tertidur pulas, Allah sedang memegang jiwaku/ruh. Aku membayangkan.. bagaimana kalau Allah tidak mengembalikan ruh itu saat dalam genggaman-Nya? kukira, untuk di 'kejar2' oleh Malaikat maut hanyalah saat kita terjaga saja.. tetapi nyatanya.. saat kita tertidur pulas-pun, juga di 'kejar2'.

Mungkin karna itulah disunnahkan membaca doa sebelum tidur. Mohon perlindungan dari Allah, karna dalam tidur-pun kita bisa mati atas kehendak Allah.

Nah, itu tentang tidur.. sekarang... tentang bangunnya nih..

Lagi2 na dibuat tercengang sekaligus malu karna masih saja menyepelekan hal biasa. Secara gitu, usia sudah dua puluh tiga. Tak mungkin bisa terhitung berapa kali aku terbangun dari tidur pulasku semenjak berada di dunia ini sampai detik ini. Anehnya, aku baru menyingkap kejadian luar biasa dibalik makna 'bangun' yang diberikan oleh Allah bagiku. Selama ini, aku masih merasa.. 'habis tertidur.. ya pasti bangun'. Padahal, kalau aku mau berpikir.. ternyata ketika bangun dari tidur, ada nikmat yang tak terduga dan suka dilupakan oleh kita (Ya Allah.. ampunilah kami..)

Pastinya, banyak diantara kita yang masih suka 'ngulet' dan nempel sama bantal disaat mata ini sudah di 'bangun' kan Allah.. Hayoooo.. ngakuuuuuu!!! (I..itu..itu saya sekali..). Biasanya saat adzan subuh berkumandang, Allah sudah membangunkan kita. Tetapi karena tidur merupakan saat dimana kita 'mati' dan tiba2 menjadi 'hidup', ada jeda waktu dimana kita harus segera beradaptasi. Heung.. ribet ya bahasanya..

Maksudku gini,
Berdasarkan pengalaman Na sendiri. Biasanya saat Na terbangun dari tidur pulas, mata Na itu ga bisa mengeluarkan reflek langsung melek dan sadar seketika. Sering banget merasa jetlag sama kondisi tidur (malah terkadang masih mengigau..ahahaha..). Mata masih merem melek, masih pengen glundungan kesana kemari, masih pengen nempel sama bantal.. padahal adzan sudah berkumandang. Sering (lagi) datang perasaan.. 'aaah..bentaar lagi..semenit aja..masih ngantuk nih..'. But suddenly, ketika melek.. " HUAAAAAAAAAA... KESIANGAAAN!!!! " Baru deh mau ga mau harus bangkit dari tempat tidur dan grabak-grubuk pergi ke kamar mandi untuk wudhu (waow... pede sekali ya saya.. mengumbar kejelekan sendiri disini.. TT___TT )

Nah, apa yang membuat Na ingin memperbaiki dari sikap tersebut yaitu saat dimana Na masih dalam kondisi 'jetlag' itu. Seharusnya, sebagai makhluk yang pandai bersyukur.. saat 'jetlag' itu adalah saat dimana Na menyadari bahwa Allah telah berbaik hati padaku karna masih mengizinkan aku untuk hidup dengan mengembalikan ruhku ke dalam jiwaku. Bukankah ini termasuk nikmat yang luar biasa? atau jangan2.. teman2 sudah menyadarinya sedangkan diriku yg hina ini baru menyadarinya sekarang ya.. hiks TT___TT

Karna itulah, saat kita terbangun dari tidur disunnahkan membaca doa bangun tidur.. kita berterimakasih pada Allah karna Allah telah membangunkan kita dari tidur.

Yak, segini aja deh postingan tentang bangun tidur kuterus mandii..tidak lupa menggosok gigi.. habis mandiii ku.. eh.. kok jadi nyanyi begini.. maksud saya, disudahi dulu postingan tentang bangun dan tidur. Semoga apa yg saya tulis disini tak sekedar hanya tulisan aja ya~ Mohon maaf karna banyak kekurangan dimana-mana, Na sarankan teman2 untuk mengintip artikel2 tentang keajaiban saat bangun dan tidur atau keutamaan2 doa tidur dan bangun tidur lainnya.

Bagi yg ingin tidur setelah membaca postingan ini, jangan lupa baca doa sebelum tidur.. Bagi yg ingin bangun setelah membaca postingan ini... eh.. masa dia baca tulisan saya sambil tidur sih.. ngaco ah..

Jika Sahabat Menyukai Artikel ini, Silahkan Bagikan ke Teman Anda!



Comments (0)