Label:

" Assalaamu'alaykum warahmatulloohi wabarokaatuh... !! "

" YA?"

--

Itu adalah percakapan via telpon beberapa tahun yang lalu yang takkan pernah kulupakan. Kejadian yang sangat lucu dan menggelikan sekaligus memalukan bagiku. Tepatnya pada sore hari saat si bocah ini mengangkat telpon yang berdering dengan lugu..

" Assalaamu'alaykum warahmatulloohi wabarokaatuh... !! " ucap seorang Bapak dengan logat Arab yang sangat kental dan sudah tentu bisa ditebak.. Bapak ini bukanlah orang Indonesia

Karena mendengar sesuatu yg tidak lumrah di telinga dan ucapannya sangat fasih dan cepat.. tiba2 saja aku malah berucap,

" YA?"

Spontan saat menjawab "YA" ini mukaku langsung tanda tanya besar. LUOOOH KOK MALAH JAWAB "YA"???? >_______<

Begitulah kondisiku dulu yang tidak terbiasa mendengar salam lengkap lewat telepon..

Lalu, bagaimana dengan yg sekarang?

Saat aku menjalani masa peralihan ini, sedikit demi sedikit aku mulai membiasakan utk mengucap salam (walau kadang belum lengkap) baik itu lewat tatap muka, sms, e-mail, yahuu mesenjer atau yg lainnya. Sebisa mungkin semua orang tanpa dikhususkan selalu kusapa dengan salam (tapi kl utk bertegur sapa dengan orang yg dijalan...aduh.. aku masih malu2... ^^; )

Memang kita hidup di Indonesia dan hidup dengan berbahasa Indonesia. Tapi apakah kita mengetahui, bahwa di balik kata " Assalamu'alaykum warohmatulloohi wabarokatuh " itu mengandung sebuah penghormatan dan doa? yuk, diintip apa arti salam yang diajarkan Rasulullah ini..

Arti dari " Assalamu'alaykum warohmatulloohi wabarokatuh " adalah.. Semoga sejahtera atas dirimu dan semoga Allah memberikan rahmat dan berkah-Nya padamu

Subhanallah, apa ada yg menolak di-doakan seperti itu? belum lagi, ternyata dibalik salam sunnah ini, banyak mengandung pahala kebaikan!!

Dalam suatu pertemuan bersama Rasulullah SAW, seorang sahabat datang dan melewati beliau sambil mengucapkan, “Assalamu ‘alaikum”. Rasulullah SAW lalu bersabda, “Orang ini mendapat 10 pahala kebaikan,” ujar beliau.
Tak lama kemudian datang lagi sahabat lain. Ia pun mengucapkan, “Assalamu‘alaikum Warahmatullah.” Kata Rasulullah SAW, “Orang ini mendapat 20 pahala kebaikan.” Kemudian lewat lagi seorang sahabat lain sambil mengucapkan, “Assalamu ‘alaikum warahmatullah wa baraokatuh.” Rasulullah pun bersabda, “Ia mendapat 30 pahala kebaikan.” [HR. Ibnu Hibban dari Abi Hurairah].

Dulu, Na pernah membahas mengenai ucapan2 yang tenar di Indonesia. Seperti 'selamat pagi/siang/sore/malam'. Seorang sahabat bertanya, " yg diselamati apanya ya? si paginya? siangnya?". Saat ia berkata seperti itu, aku jadi berpikir... benar juga ya... apa yg diselamati? apakah diucapkan 'selamat' itu karna ternyata kita masih selamat pada pagi hari itu? ah... bingung...

Tapi saat mengetahui dibalik salam yang disunnahkan itu mengandung doa dan berpuluh2 pahala. Rasanya jadi enggan untuk menukarnya dengan " selamat pagi! " (atau yg lebih terlihat keren berucap, good morning! ohayou gozaimasu! dan bahasa2 dari negara2 lainnya.. )

Tidak sedikit hadits yang mengemukakan mengenai keutamaan berucap salam, diantaranya..

Dari Abu Hurairah ra., ia berkata bahwa Rasul bersabda, “Kamu tidak akan masuk surga hingga kamu beriman, dan kamu tidak beriman hingga kamu saling mencintai (karena Allah). Apakah kamu maujika aku tunjukkanpada satu perkara jika kamu kerjakan perkara itu maka kamu akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kamu!” (HR. Muslim)

Abu Umammah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: ”Orang yang lebih dekat kepada Allah SWT adalah yang lebih dahulu memberi Salam.” (Musnad Ahmad, Abu Dawud, dan At Tirmidzi)


Dan masih banyaak lagi hadits2 lainnya..

Lalu, saat kita mengucap salam, ternyata oh ternyata (apa sih Na.. ), orang yg mendengarnya itu wajib untuk menjawabnya loh! ingat.. waaajiiib !! bagaimana cara menjawabnya? yaitu dengan, "
Wa'alaykumsalam warohmatullohi wabarokatuh" yang artinya, " Dan semoga atas kalian juga "

Mungkin lidahku masih kaku untuk mengucap salam yang lengkap, tapi lucunya untuk menjawab salam aku bisa berucap lengkap (ahahaha.. aneh ya -___- ; )

Jadi teringat dengan lagu TK saat adikku masih kecil... ia diajari lagu 'salam' oleh guru2nya..

" Assalaamu'alaykuum.. salam selamat dan sejahteraa.. saling mendoakan diantara kita.. jawablah.. wa'alaykumsalaam .. "

Jaadiii ... pilih mana? pilih salam 'selamat' pagi/siang/malam, atau salam yang memberikan kebaikan baik itu yang mengucap atau yang diucapkan?silakan memilih :D

Jika Sahabat Menyukai Artikel ini, Silahkan Bagikan ke Teman Anda!



Comments (3)

wa'alaykumsalam warahmatullahi wabarokatuh..

*ngikuti jejak layang-layang*

assalamu'alaykum warahmatullahi wabarokatuh..

Semoga Allah selalu memberikan keselamatan, kesejahteraan, keberkahaan, perlindungan, kebaikan, dan ampunan untuk segala dosa yang belum dan telah diperbuat..

Dan semoga Allah senantiasa mencintai kalian..

Amiin ya Allah..