bismillahirrahmaanirrahiim..

Assalamu'alaykum wr wb,

Teman, gimana kabarmu? baik? Alhamdulillah ^__^

Huff, akhirnya aku menjajaki juga gerbong gerontik (tempat dimana aku dan teman2 merawat para lansia, baik itu nenek2 atau kakek2 ^^). Hari ini baru hari ke-2, dan hari ini benar-benar... fyuuuh.. melelahkan!! bagaimana tidak? aku dan kelompok geron tercintaku (with indah, graci and muti) beserta temen2 dari akper, kami sibuk membenahi dan membongkari (kalau kata graci.. all we can do is just..sweeping, mopping, fixing something, then sweeping again, and again then again..) kalau bahasa lumrahnya, tadi kami itu kerja bakti membereskan BARAK-D (plesetan kami, BARAKUDA) ^^;

Sekedar informasi, panti werdha tempat kami praktek ini merupakan panti sosial yg dikelola pemerintah. Jadi, semua lansia yg ada ditempat ini adalah hasil jaringan dari polisi ( mereka adalah lansia yang terlantar dan sebatang kara..). Kukira mereka benar-benar sebatang kara dan tidak memiliki keluarga sama sekali, padahal.. tidak sedikit dari mereka yang ternyata memang 'dibuang' oleh keluarganya sendiri.. Masya Allah, sedih banget kalau lagi dengar cerita para Mbah (kami biasa memanggil mereka dengan sebutan 'Mbah). Padahal kalau keluarganya tau, para Mbah2 ini sangat merindukan mereka.. mungkin mereka ngga akan 'membuang' Ibu mereka sendiri...

Ya Allah, maafkanlah kesalahan kami..

Lanjut lagi,
Dari hasil kerja bakti kami, tidak sedikit debu dan kotoran yang kami temukan (alias.. BUANYAAAK BUANGET!!). Selain tadi membersihkan tempat tidur, lemari, kaca dan yang lainnya, aku dan temen2 kelompok sempat memandikan 2 Mbah yang nggan untuk mandi. Subhanallah, beginikah rasanya jika nanti aku lansia? rasa2nya motivasi diri untuk membersihkan diri itu...suliiiit sekali. Aku yang melihat para Mbah yang garuk sana garuk sini jadi ikut2an gatel (dan memang, setelah bersih2 ruangan..alergi debuku kambuh... ini muka langsung merah2 dan bersin2 terus!).
Aku dan Indah, tadi memandikan seorang lansia yang baru mulai termotivasi untuk mandi (hanya) karena dapat baju baru. Beliau memang sebatang kara dan terlantar, jadi tidak ada persediaan baju. Alhasil perlengkapan mandi seperti sabun, handuk dan lainnya juga harus minjem dulu.
Ya Allah, terimakasih Ya Allah.. karena Engkau telah memberikan aku sepasang kaki. Sungguh betapa aku merasakan nikmatMu karna telah diberikan kaki untuk melangkah secara jejak dan mampu melangkah dengan baik.
Perjalanan dari tempat tidur Mbah ke kamar mandi menghabiskan waktu sekitar 15 menit (padahal kalau bagi kita yang mampu melangkah dengan sempurna, kurang dari 1 menit juga dah sampe..). Begitu juga waktu proses mandi.. bisa kalian membayangkan, dengan kamar mandi yg hanya sepetak lalu diisi oleh 2 mahasiswa dan 1 lansia? hmm.. rame deh ^^;

Alhamdulillah, sepertinya kami sempat membuat si Mbah senang karna merasa segar dan bersih (walaupun beberapa menit kemudian si Mbah mulai berdiam diri lagi dan tak mau bersuara..)

Yak, itu tadi sekilas info mengenai kegiatanku dipagi hari (Dari jam 07.00-14.00 WIB). Selanjutnya, sesuai dengan rencana, aku berniat pergi silaturahmi kerumah saudariku tercinta (sahabatku dari SMA, yang sudah tak pernah bersua selama 2 tahun lamanya..). Dengan perbekalan berserah diri hanya pada Allah swt dan modal PD, kulangkahkan kaki ini pergi ke daerah rawamangun dari cililitan dengan menaiki busway (padahal aku ngga tau harus kemana dan berhenti dimana..). Alhamdulillah, Allah telah mempermudah langkahku. Ada seorang petugas busway yg rela menemaniku untuk sampai di daerah rawamangun (terimakasih ya Mas, semoga Allah memberkahimu).
Secara, sudah 2 tahun aku tak mengunjungi rumah saudariku ini.. alhasil tadi aku buta peta. sok tau jalan tanpa tanya sana sini dan jadilah...aku kesasar di jalan kunci (padahal rumahnya temanku ini ngga jauh dari tempat aku kesasar). Alhamdulillah, lagi2 Allah mempermudah langkahku. Dengan gerak-gerikku yang menandakan bahwa aku orang yg sedang kesasar, ada seorang anak laki2 yang sedang asik main layangan, yang mau membantuku mencari rumah temanku (terimakasih ya Dik, Semoga Allah membalas kebaikanmu).

Tepat pukul 16.00 aku tiba di rumah temanku. Uwwaah..rasanya rindu sekali dengannya ^__^~
Padahal tadinya aku berniat ingin membeli oleh2 untuk temanku dan keluarganya, tapi toko kue yg ingin kudatangi ternyata sudah tidak buka (hiks) dan tadi.. aku memang ngga sempat makan siang di panti (kan ngga lucu, kl aku beli kue untuk mereka tapi aku ikutan makan..). Dan lagi2 Allah memang mengetahui keadaan setiap hamba-hambaNya, Alhamdulillah.. aku disuguhi makanan besar oleh mamahnya temanku!! Subhanallah..rasa2nya sampai ingin nangis.. (kl boleh muluk2, pengen banget bilang.. 'TANTEEE...KO TAU AKU KELAPERAAAN?!!). Semoga Allah selalu mencintaimu Ibu..~
Setelah melepas rindu, akhirnya yang ditunggu datang juga. Aku diperkenalkan oleh calon suami dari temanku (aiiih.... jadi mau :p)
Subhanallah, ngga nyangka.. teman sebangku-ku waktu SMA, akan melangsungkan pernikahan.. dan sekarang aku dipertemukan dengan calon suaminya. Tadi temanku sempat bertanya2 mengenai kantor KUA dekat2 sini.. ya Na jawab aja.. 'walah...mana na tau... belom pernah ngurusin gituan atuh...'

fufufufu, lain deh kl ngeliat perempuan yang sudah dilamar dan ingin menjalankan proses pernikahan. Na melihat temanku sudah banyak mengalami perubahan.. diantaranya... wajah temanku jadi lebih bercahaya!! (uwaaah..silaaaau!!)
hehehe, ternyata seperti ini toh melihat seseorang yang wajahnya bercahaya ^__^

Semoga Allah mempermudah langkah foni dan toni untuk menjalankan sunnah Rasul (yah, kesebut juga namanya..)

Ba'da Maghrib, aku sudah izin utk pamitan. Mengingat besok aku masih harus bertemu dengan para Mbah ^__^
dan lagi2 aku bertemu dengan sesuatu yg membuatku takjub.
Di angkot, aku bertemu dengan 2 adik kecil (adik-kakak) yang sedang dipangku oleh Ibunya. Ngga tau kenapa (atau ada tisu atau sisa makanan yang nempel di muka Na..) si kakak-adik itu terus menerus memandangiku sampai aku malu sendiri. Si Kakak mulai cengengesan liatin aku. Si adik juga mulai tersipu malu melihatku (dan aku semakin bingung..jangan2 beneran ada nasi yang nempel di muka..). Dengan berusaha bersikap terbuka dan ramah, aku mulai memainkan mimik muka anak kecil sambil berbisik bertanya.. 'namamu siapa sayaang..'
Eh, si kakak langsung toel2 kaki si adik.. bilang.. 'tuh, ditanyain tante, namanya siapa..'
dan tau apa respon si adik? si adik langsung tersenyum (manis dan lucuuuuu sekali!!!) dan mengatakan.. 'ini mamah..'
spontan si mamah tertawa dan nyium bibir si adik dan bilang.. 'sayang, tantenya nanyain, nama kamu siapa..'
lalu si kakak menjawab dengan tegas 'namanya katlin tante..' (mungkin maksudnya catherine).
Percakapan kami terputus karna aku harus turun,
dan yang lebih menggemaskan lagi..sewaktu aku turun.. si kakak-adik itu melambaikan tangannya padaku sambil berteriak.. 'tantee..hati2 yaaaa..'
Kyaaaaaaaa~~ kawaiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii~~
Aku yang masih terkesima dengan lambaian tangan mereka dan sibuk membalas lambaian tangannya, hampir ditinggal metro yang akan kunaiki (fyuhh..syukurlah... untung masih sempat terkejar ^^;)

Begitulah hari ini... cukup berwarna warni menurutku...
dari yang bertemu Mbah di pagi hari.. ditutup dengan bertemu dengan 2 gadis kecil nan mungil..

Ya Allah, terimakasih..
Hari ini rasanya menyenangkan sekali ^___^
Sungguh, hal ini tidak akan terjadi jika bukan karena adanya bantuan dari Mu

-kututup malam yang indah, bersujud padaMu.. Allah-

Jika Sahabat Menyukai Artikel ini, Silahkan Bagikan ke Teman Anda!



Comments (0)