Saturday, May 17, 2008

'bu... kira-kira buku ini cocok untuk tugas agama ngga?'

bismillahirrahmaanirrahiim

assalamu'alaykum wr wb,

gimana kabarmu teman? baik? alhamdulillah...syukurlah
Akhirnya hari ini hampir terlewati juga. Penasaran kenapa na make judul blog seperti di atas? gini kisahnya..

Sudah beberapa hari ini, di gramed kota depok (*sekalian promosi) lagi ada diskon 20-40% untuk menyambut kelahiran kota depok. Kebetulan sekali hari ini Na pergi ke kampus utk mengumpulkan laporan jiwa (akhirnyaaaa~ yg semalam bergadang ria..baru tidur jam setengah3..sampe jurus nulis sambil tidurpun akhirnya dilakukan juga~). Baru keluar dari kampus sekitar jam 10-an. Na bergegas langsung menuju gramed. Dengan hati yg dag dig dug (karna terlalu niat untuk membeli buku), Na pun langsung menuju lantai 2

"Uwaaaaaaaaah....banyak bukuuuu baruuuuuuu!!!! serbuuuuuuuuuuu!!!"

ahaha..aku dah kaya ayam liat makanan..langsung nyerbu buku2 itu.
Pertama yg dituju itu, pesenannya foni. Buku persiapan untuk pernikahan.. (hueeeeeeeeeee...aku mauuuuuuuuuuu.. *eh, maksudnya.. aku maluuuuuuuuuuuu..), berdiri dideretan buku2 itu serasa akhwat yg bentar lagi mau nikah. dah gitu jadi GR, kayanya diliatin ama orang2. makanya na langsung buru2 ngambil buku 'be a great husband and wife' yang emang dah sepaket. lalu waktu melihat harga bukunya... 'glek'... mahal bu... sudah gitu sms na pending pula untuk foni.. alhasil buku itu ngga jadi na beli buat foni.. (hiks, maaf ya fon.. padahal kalo dah foni beli, nti na ikutan minjem.. :p)

lalu tujuan kedua, mencari buku Rabi'ah-mabuk cinta dengan sang Khalik (eh, kayanya judulnya salah... lupa aku...). nyari buku ini rada2 membutuhkan ketelitian. karna bukunya nyempil dideretan buku2 khusus utk muslimah (padahal ngga juga, ternyata buku ini sudah dijejer di buku2 'best seller'). Buku ini mengkisahkan mengenai seorang akhwat yang sangat jatuh cinta pada Sang Khalik. Cinta kepada-Nya melebihi segala2nya.. (Subhanallah... bagaimana caranya biar aku bisa seperti dia ya?). Na sih dah ngintip isi buku itu... tapi yg diintip pas bagian tentang orangtuanya Rabi'ah.. jadi Na belum tau bagaimana Rabi'ah bisa mabuk cinta pada Allah (lagipula, waktu lagi liat buku ini..tiba2 datang segerombolan ikhwan2 yang mencari buku tentang 'tips mencari akhwat yg baik untuk dijadikan istri' ->maaf..aku berlebihan..) tapi emang beneran.. mereka lagi nyari buku2 utk menjadikan standard, istri yg baik itu yg seperti apa.
saking malunya, jadilah aku langsung meng-grab itu buku Rabi'ah tanpa lihat ada cacat atau ngganya.

lalu, tujuan ketiga. Ini dia yg membuat proses aku berada di gramed sampai 3 jam lebih!!!! bingung mau beli buku apa buat aku sendiri. karna kemarin sempat ingin belajar bagaimana cara shalatnya Rasulullah SAW. jadinya na mencari dan membeli buku 'sifat shalat nabi'..

dan akhirnya, sampai pada alasan mengapa aku memasang judul diatas pada blog ini.
ketika aku mencari buku keempat yg ingin kubeli buatku sendiri.. tiba2 saja aku dihadapkan dengan 2 gadis kecil yg sedang sibuk sendiri memilah-milah buku. aku hanya tersenyum2 sendiri mendengar mereka membisikkan kata2.. 'duh, bukunya ada banyak... mau beli yg mana?? udah gitu ga ada tulisan diskonnya lagi..katanya diskon..'
aku sengaja membiarkan mereka tetap berkutat satu sama lain (hehe..ini ngga jahat kan?). sampai akhirnya aku sendiri yg berkutat kebingungan mau beli buku apaan..
sudah terlihat gelagat mereka ingin bertanya pada diriku, karna sebelumnya salah satu dari mereka mengatakan.. 'tanya sama ibu itu aja'

dan akhirnya mereka bertanya..

'bu..maaf.. kira-kira buku ini cocok untuk tugas agama ngga?'

spontan aku langsung tertawa sendiri. pertama, dia memanggilku dengan sebutan 'ibu', padahal gelagatku daritadi yg sudah menjatuhkan banyak buku sama sekali ngga menggambarkan bahwa aku ini adalah seorang 'ibu'. kedua, baru kali ini ada anak yg memanggilku dengan sebutan 'ibu' -mengingat dulu ada salah satu anak pasienku yg mengatakan aku ini tak pantas dipanggil tante atau ibu karna mukaku terlalu kekanak-kanakan-

lalu kujawab saja..
'memang untuk tugas agama yg seperti apa? mengenai shalatkah? puasakah? atau apa?'
anak kecil: ' apa aja bu, yang penting tentang agama islam..soalnya sama guru kita disuruh nyari dari buku...'
aku: ' hoo, yasudah, yg ini ngga papa ko. ini bukunya tentang amalan bulan Ramadhan'
anak kecil kedua: ' kalau yg ini bu? ini juga boleh kan?'
aku: ' iya, insya Allah itu juga bisa'
kedua anak kecil: ' makasih ya Bu dah bantuin kita..assalamu'alaykum..'
aku: 'wa'alaykumsalam wr wb..'

proses interaksi tadi itu, aku sambil membungkuk karna tinggi mereka yg terlalu mungil ^^;
setelah ngobrol sama mereka, rasa2nya ko aku seperti guru agama juga ya? ahahahaha..

dan ngga lama kemudian, aku menemukan buku yg ingin aku beli (bukan ingin sih..wong ngga ada rencana). lagi2 aku membeli buku dari pengarang Laa Tahzan (judul buku: jangan takut hidup). tadinya ina mau membeli buku mengenai kekasih Allah atau yg berhubungan dengan cinta Allah.. tapi sempat bingung.. karna ada dua buku yg jadi pertimbangan, yang satu dengan judul 'Rindu tanpa akhir' karangan Imam Al-Ghazali, dan satu lagi buku 'Kekasih Allah' karangan.... siapa ya... lupa... syekh siapa gitu... dan, berhubung keuangan tidak mencukupi jika membeli dua buku itu, alhasil ngga jadi deh ^^;

ah iya, besok insya Allah aku akan ke UI lagi... hmmmmmmmmmmm.... mungkin bisa jadi aku ke gramed lagi... dan mungkin aku bisa bertemu dengan anak2 yg menyebutku 'ibu' lagi ^___^

Allah telah menakdirkan aku bertemu dengan orang2 tadi...
segerombolan ikhwan yang sibuk mencari buku mengenai akhwat yang seperti apa yg baik untuk dinikahi,
dua anak kecil yang sibuk mencari buku untuk memenuhi tugas PR agamanya,
seorang Bapak-bapak yang sama2 mencari buku mengenai cinta Allah (kami berdua sempat lihat2an buku yang sudah kami pegang ^^;)
Mba2 SPG yang sedang menyusun buku2 dan secara ngga sengaja aku menjatuhkan buku2 yg tersusun dilantai itu karna tersibak gamisku (hiks...maafkan aku ya Mba..)
dan seorang ikhwan berjanggut yang berseliweran (sama kaya aku) yang sedang mencari buku juga (kenapa aku mengingatnya? karna dia juga berhenti ditempat buku yang sudah aku baca.. hmm.. ntahlah...)

Subhanallah, aku sudah banyak bertemu orang hari ini..
Allah lah yg telah mengatur supaya aku bisa bertemu dengan mereka...
semoga esok aku dipertemukan dengan orang-orang yang bisa aku temui dalam surgaMu, Ya Allah...

5 comments:

namaku ina said...

lagi pengen buat mini library untuk pribadiku sendiri. biar nanti kalau sudah menikah punya 'tabungan' buku. trus digabung deh sama punya suami... jadi banyak deh bukunya (eh, ini kalau si suaminya punya buku..kl ngga punya gimana? yah.. beli dong!)

Anonymous said...

asssalamualaykum ina~
waw...menarik ya klo berinteraksi sama anak kecil, jadi inget kelemahan saia menghadapi anak kecil, kayaknya harus belajar dr Na-senpai nih :D

hehhehe..cari suami yg punya banyak buku juga donk na xp
semoga ina dimudahkan jalannya mendapat suami idaman-amiin..
*lah kenapa jd nyambung ttg suami ya???*

namaku ina said...

wa'alaykumsalam mari~
hehe, jadi teringat waktu kita berdua dihadapkan dengan seorang baby kecil yg asik ngeliatin kita ^^~
waduh Ri, Na masih belum terbiasa menghadapi anak kecil (buktinya Na masih dianggap anak kecil sama si anak kecil itu sendiri.. gee~)
kapan2 kita belajar dari anak kecil yuk Ri.. (ahahaha, membayangkannya aja dah ketawa duluan..)

Amiin..ngga papa Ri, nyambung ttg suami -kali aja ada calon suami Na yang lagi melirik blog ini-
Hayo Mas!! beli buku2 Islam mulai dari sekarang! biar nanti anak-anak kita juga suka baca buku Islam
*walaaah..mulai deh...

Anonymous said...

hahaha iya, ayuk kita samperin semua anak kecil yg ada (luoh?? kesannya jadi maniak)
ntar malah ibunya yg ketakutan XD

wahahahaay..ayo? siapa yg mau daftar? bagi yg memenuhi persyaratan di atas ini, silahkan hubungi saya selaku manajer *heeee~ sejak kapan toh?*

haha udah ah Na, comment sama postingan-mu jadi distraksi, gomen >u<..jalan2 lagi~ hyuuuk

namaku ina said...

isi komennya jadi rame karna Mari!! yaaay!! kita buat duo Mari(na) aja Ri!! hehehe

Hayok, yang mau daftar harap hubungi manajer saya, Mari, di 081712345678910 (eh Ri, ini bukan nomormu kan?)

hayuuuk..kita jalan lagii!! ke ITC yuk Ri!! (walaaah..tercium hasrat ingin belanjanya dah.. :p)

Happy Oxone

Yayasan Askar Ramadhan

Kedai Sehat