Label: , , , , , ,

Apa anda sudah melunasi "hutang2" anda?
harap2 cemaslah.. karna sebentar lagi Ramadhan tiba!!!




" Ramadhan tiba... Ramadhan tiba.. Marhaban Yaa Ramadhan.. "

Begitulah kata yang didendangkan oleh seseorang yang amat merindukan dan amat bersuka cita menyambut kedatangan bulan yang mulia itu..

Eh? emang sekarang dah Ramadhan??? belum kaliii~~

Emang belum, tapi sekarang sudah mau berakhir bulan Rajab loh.. which is means, akan datang bulan Sya'ban dan habis itu.. barulah Ramadhan tiba..

Biasanya kalau sudah begini, yang suka ketar-ketir itu adalah kaum hawa yang belum melunasi hutang2nya. Maksudnya, hutang2 saat ia 'cuti' pada Ramadhan tahun lalu. Ketika masih jauh hari sebelum datang bulan Ramadhan, masihlah kita beranggapan..

"Ah, masih ada waktu ini.. bayar puasanya nanti aja lah.. "

Ketika menjelang Ramadhan..

" Ah!!! gimana ini!! hutangku masih banyak dan sebentar lagi dah masuk Ramadhan??!!!! "

Karna itulah teman.. mumpung masih diberi nikmat hidup sama Allah Swt, lebih baik kita lunasi lah hutang2 itu. Namanya juga hutang.. maka hukumnya wajib dilunasi dong.. hehehe


Selain melunasi hutang2 puasa, ada baiknya kita juga mulai belajar mempersiapkan diri untuk menyambut bulan Ramadhan. Maksudnya, saat bulan Ramadhan itu kan kita banting tulang tuh untuk beribadah.. dari yang tilawah Al-Qur'an sesering mungkin demi mengejar target satu bulan khatam, sampe sebisa mungkin tidur ga terlalu larut demi mendapatkan sholat tahajjud..

Nah, daripada nanti kita jadi 'jetlag' karna bulan2 sebelumnya ngga biasa melakukan amalan ibadah serajin saat Ramadhan, boleh lah kita mulai "pemanasan" di bulan2 sebelumnya seperti saat bulan Rajab dan Sya'ban esok ini..

Hey, mau olahraga aja kita perlu pemanasan.. masa mau Ramadhan kita ga pake pemanasan?


Pemanasan apa aja yang kita perlu lakukan? Ya.. banyaklah.. itu pun terserah diri kita sendiri, mau mulai memperbaiki amalan kita yang cacatnya ampun2an dari mana..

Kalau boleh saran, mungkin.. ada baiknya kalau kita memperbaikinya dari amalan ibadah yang paling utama, yaitu sholat (karna sholat itu adalah tiang agama, kan?)


super hero lagi sholat berjamaah di masjid..


Seperti yang sudah diketahui, beberapa hari yang lalu kita libur nasional karna memperingati Hari Isra' Mi'raj

Pengetahuan Na tentang Isra' dan Mi'raj sangatlah minim, jadi Na sarankan teman2 mencari tahu pasal Isra' Mi'raj dari seluruh media yang ada. Baik itu buku ataupun internet (karna ada buanyak yg membahas tentang peristiwa Isra' dan Mi'raj)

Tapi ada satu hal yang Na ketahui, yaitu akhir dari peristiwa Isra' dan Mi'raj ini adalah bertumpu pada satu amalan ibadah yang amat luar biasa mengalami perubahan. Bayangkan saja, awalnya Rasulullah Saw diperintahkan untuk menyeru ummatnya melaksanakan sholat sebanyak 50 kali dalam satu hari!!!!! Namun karna kasih sayang dari Rasulullah Saw yang paham dan mengerti akan kondisi ummatnya, maka beliau meminta keringanan dari Allah Swt, hingga akhirnya Rasulullah Saw mendapatkan perintah agar menyeru ummatnya melaksanakan sholat cukup 5 kali dalam satu hari..


Bukanlah hal yang gampang untuk meminta keringanan dari yang 50 menjadi 5. Rasulullah Saw sampai harus bolak-balik di 'langit' demi ummatnya...


Tak bisa Na bayangkan kalau Na harus sholat 50 kali dalam satu hari.. Sholat yang hanya 5 kali dalam sehari aja juga sudah 'sendat-sendut' apalagi kalau harus 50 kali?!!!!


Alhamdulillah,
Inilah bukti cinta-Nya Allah Swt pada manusia dan cintanya Rasulullah Saw pada ummatnya. Hingga akhirnya kita diberi keringanan untuk menunaikan sholat wajib cukup 5 kali dalam satu hari. Kalau sudah begitu, tak malukah kita pada diri kita sendiri kalau sholatnya masih 'bolong-bolong' ?

Kalau Na ga salah ingat, ketika Ramadhan nanti.. Allah akan menjadikan amalan2 yang sunnah berpahala bagaikan amalan2 yang wajib (apalagi kalau emang amalan yang wajib, tentu pahalanya akan melimpah ruah nantinya..). Biasanya, banyak orang saat Ramadhan jadi giat melaksanakan sholat sunnah demi mendapatkan pahala seperti orang yang melaksanakan sholat wajib di bulan lain..

Bagaimana dengan kita yang masih bolong2 sholatnya? Apakah kita mampu sholat sunnah? Duh.. sholat wajib aja juga masih bolong2 gimana mau sholat sunnah???


Nah, karna itulah sebaiknya sekarang kita perbaiki dulu amalan sholat wajib kita..

Mulai belajar sholat lima waktu...

belajar sholat di awal waktu (sebelum adzan berkumandang, kita sudah berwudhu dan duduk manis di sajadah)

belajar sholat dengan khusyu' dan khudu' (sholatnya penuh dengan konsentrasi batin dan merendahkan diri dihadapan Allah dan sesuai dengan sholat yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw)

belajar sholat di masjid dan berjamaah (untuk laki2) dan dirumah (untuk perempuan)

....

Wah, intinya banyaklah yang harus kita mulai perbaiki dengan amalan2 sholat kita. Tentunya dengan ga melupakan niat yang lurus.. yang semata2 melakukan perbaikan ini hanya karena mengharap ridho dari Allah Swt.. insya Allah..


Mumpung masih ada waktu nih sebelum Ramadhan,
Yuk ah bareng2 kita perbaiki amalan2 ibadah kita.. Ramadhan sudah didepan mata.. mari kita bersuka cita menyambutnya.. Ahlan wa Sahlan Yaa Ramadhaan ~ (tiba2 teringat dengan nasyid jadul lagi..~~)


Semoga Allah mengizinkan kita untuk bisa bertemu dengan bulan yang mulia dan penuh keberkahan itu... Amiin ya Allah..






Jadi,

sudahkah anda melunasi hutang anda??

* tukang tagih hutang, mode's : ON

Jika Sahabat Menyukai Artikel ini, Silahkan Bagikan ke Teman Anda!



Comments (2)

hee..gambar superhero sholat nya menarik! siapa yang buat itu naa?? hehehe..

osu..! semoga Ramadhan taun ini lebih baik daripada Ramadhan taun lalu, amiin ya Allah *siap-siap*

ntah Ri siapa yg buat, ini juga na dapetnya nemu di dokumen komputer..hehe..

Insya Allah.. semoga Allah mengizinkan kita untuk memperbaiki diri di bulan Ramadhan esok.. amiin ya Allah..

*ikutan siap2 juga*