Label: ,

gara-gara kemarin ada salah seorang sahabat bercerita tentang betapa nikmatnya makan berjamaah.. Na jadi teringat masa2 lalu (duh..kesannya saya sudah tua..~)

tau makan berjamaah? ituloh, cara makan yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW. All for one and one for all~

maksud Na, makan berjamaah itu makan bersama2 yang dilakukan biasanya oleh beberapa orang (4-5 orang/berapapun terserah). Nah piring yg digunakan untuk makan cuma atu biji. He? emang muat gitu?

muat dong! wong makannya pake piring segede ga..eh..pake nampan! biasanya nampan bunder gitu. Isi makanannya apa? ya apapun jadi! Mau nasi goreng, mie goreng, nasi putih pake telor balado trus kasih capcay.. (glek..jadi laper..). Dan tentunya pake porsi buat orang banyak dong~
Saat makan, biasanya kita bikin lingkaran kecil (kl orangnya rame, makin sedep deh, dempet sana sini..ahahahaha). Bagi jatah makanannya gimana? Nah ini dia letak nikmatnya makan berjamaah. Namanya juga berjamaah.. jadi All for one and one for all. Disini keliatan loh mana yg suka makan banyak atau ngga ^^
Yang paling lucu kl dapat nampan yang mungil tapi yg makan orangnya besar2. Kepala kami saling beradu saat makan karna ga ada ruang sisa!! ahhahahaha..

haaa... natsukashii naaa~ (baca: rindunyaa~)

Na mengenal makan berjamaah lewat acara tafakur alam yang pertama kali Na ikuti saat masih SD (kl ga salah kelas 6 deh). Biasa, yg mengadakan remaja masjid depan rumah Na. Awalnya terbengong2 ria. Ini kok makannya begini sih..apa ga ada yg bawa piring? masa makan pake nampan.. (maklum,masih anak2..belum ngerti..). Alhamdulillah, ternyata salah satu sunnah Rasulullah SAW ini tetap dijalankan ditiap2 acara rohis mulai dari SMP-SMA sampai kuliah. Saat SMA dikenalkan lagi dengan sunnahnya Rasulullah SAW dalam cara makan yaitu dengan duduk menekuk kaki kanan dan ditempelkan ke dada, dan kaki kiri seperti lagi duduk tasyahud. Susah? banget! ini karna emang belum terbiasa sih ^^;

Lanjut lagi, saat kuliah Na semakin dihebohkan dengan sunnahnya Rasulullah SAW yang kl lagi makan hanya menggunakan 3 jari!! (dan ada salah satu seniorku yg sudah bisa mempraktekkannya!!) Huoooooo...saya belepetan saat melakukannyaaa~ tapi Alhamdulillah..masih kekeh utk mencobanya walaupun belepotan sampai saat ini..adikku sampe bilang kl aku lagi makan dah kaya bebek (apa itik?) malah kaya anak2..coz nasinya jatoh sana sini..

Haaaaaa... aku semakin rindu dengan makan berjamaah~~

Kl lagi dirumah belum berani mempraktekkannya, habis sudah terbiasa makan sendiri2. Paling ada si bubul ma ndut yg mau ikutan makan berjamaah (baca: 2kucing yg selalu ikutan nimbrung kl majikannya lagi makan).

Makan berjamaah yuk teman...

*postingan aneh nih -_____________________-;;;;
mohon dimaklumi ya.....

Jika Sahabat Menyukai Artikel ini, Silahkan Bagikan ke Teman Anda!



Comment (1)

wha~! makan pake 3 jari itu sunnah Rasul ternyataa??

yatta~~! ^0^~

hehee..iyahh, makan sepiring rame2 mesra lhuoo~ apalagi berdua.. xp